Sabtu, 09 Februari 2013

KARAKTERISTIK PLANET-PLANET DALAM TATA SURYA



Matahari

Matahari adalah bintang yang jaraknya paling dekat dengan bumi baik pada gugusan galaksi bima sakti maupun pada galaksi andromeda. Matahari adalah sebuah bintang karena matahari memancarkan cahaya yang dihasilkan sendiri. Matahari dapat memancarkan cahaya dan panas yang amat sangat besar energinya karena dihasilkan dari reaksi fusi nuklir penggabungan inti atom hidrogen.
A. Jarak Matahari Ke Bumi
Matahari adalah bintang yang tampak paling besar dibandingkan bintang-bintang lain yang bertaburan di angkasa luar karena jaraknya yang sangat dekat, yaitu sekitar 150 juta km. 150 juta kilo meter disebut juga sebagai satuan astronomi.
Jarak kedudukan terdekat matahari ke bumi jaraknya adalah 147 juta km disebut Perihelium (1 januari). Sedangkat jarang paling jauh matahari ke bumi yakni kurang lebh sekitar 152 juta km disebut Aphelium (1 juli). Tentu saja saat ini belum ada orang yang menghitung secara langsung jarak matahari ke bumi karena sangat panas dan silau.
B. Suhu Matahari
Panas matahari pada permukaannya adalah kurang lebih 6 ribu derajat selsius. Sedangkan pada inti matahari temperatur mencapai 150 juta derajat celcius. Dari waktu ke waktu suhu matahari akan diperkirakan semakin dingin dan akhirnya mati bersama planet-planet lain termasuk bumi.
C. Penyusun Matahari
- Hidrogen : 70%
- Helium : 25%
- Unsur lainnya : 5%
D. Konstanta Dan Energi Matahari
Banyaknya kalor yang diterima oleh setiap 1 cm persegi pada bagian atas atmosfir matahari permenit adalah 2 kalori per menit per cm persegi. Energi matahari terjadi karena adanya fusi atau penggabungan inti hidrogen membentuk inti helium serta 2 positron dan energi 24,7 MeV.
E. Bagian-Bagian Susunan Matahari
- Fotosfer adalah bagian lapisan permukaan yang memancarkan cahaya yang kuat.
- Kormosfer adalah Lapisan gas yang sangat tebal.
- Korona adalah Lapisan atmosfer terluar matahari
PLANET DALAM
1) Merkurius
Merkuriusmerupakan planet paling dekatkematahari, jarak rata-ratanyahanyasekitar 57,8 juta km. Akibatnya, suhuudarapadasiangharisangatpanas (mencapai 4000C), sedangkanmalamharisangatdingin (mencapai -2000 C). Perbedaansuhuharian yang sangatbesardisebabkan planet initidakmempunyaiatmosfer.Merkuriusberukuran paling kecil, garistengahnyahanya 4.850 km hampirsamadenganukuranbulan (diameter 3.476 km). Planet iniberedarmengelilingimataharidalamsuatu orbit eliptis (lonjong) denganperioderevolusinyasekitar 88 hari, sedangkanperioderotasinyasekitar 59 hari.

2) Venus
Venusmerupakan planet yang letaknya paling dekatkebumi, yaitusekitar 42 juta km, sehinggadapatterlihatjelasdaribumisebagaisuatunoktahkecil yang sangatterangdanberkilauanmenyerupaibintangpadapagiatausenjahari. Venus seringdisebutsebagaibintangkejorapadasaat Planet Venus beradapadaposisielongasibaratdanbintangsenjapadawaktuelongasitimur.Kecemerlangan planet Venus disebabkan pula olehadanyaatmosferberupaawanputih yang menyelubunginyadanberfungsimemantulkancahayamatahari.Jarak rata-rata Venus kemataharisekitar 108 juta km, diselubungiatmosfer yang sangattebalterdiriatas gas karbondioksidadansulfat, sehinggapadasiangharisuhunyadapatmencapai 4770 C, sedangkanpadamalamharisuhunyatetaptinggikarenapanas yang diterimatertahanatmosfer. Diameter planet Venus sekitar 12.140 km, perioderotasinyasekitar 244 haridenganarahsesuaijarum jam, danperioderevolusinyasekitar 225 hari.

3) Bumi (The Earth)
Bumimerupakan planet yang beradapadaurutanketigadarimatahari. Jarak rata-ratanyakemataharisekitar 150 juta km, perioderevolusinyasekitar 365,25 hari, danperioderotasinyasekitar 23 jam 56 menitdenganarahbarat- timur. Planet bumimempunyaisatusatelitalam yang selaluberedarmengelilingibumiyaituBulan (The Moon). Diameter Bumisekitar 12.756 km hampirsamadengan diameter Planet Venus.

4) Mars
Marsmerupakan planet luar (eksterior planet) yang paling dekatkebumi. Planet initampaksangatjelasdaribumisetiap 2 tahun 2 bulansekaliyaitupadakedudukanoposisi.Sebabsaatitujaraknyahanyasekitar 56 juta km daribumi, sehinggamerupakansatu-satunya planet yang bagianpermukaannyadapatdiamatidaribumidenganmempergunakanteleskop, sedangkan planet lain terlalusulitdiamatikarenadiselubungioleh gas berupaawantebalselainjaraknya yang terlalujauh. Keadaan di Mars paling miripdenganbumi, sehinggamemungkinkanterdapatnyakehidupan.Karenaitu, paraastronomlebihbanyakmenghabiskanwaktumempelajari Mars daripada planet lain. Jarak rata-rata keMataharisekitar 228 juta km, perioderevolusinyasekitar 687 hari, sedangkanperioderotasisekitar 24 jam 37 menit. Diameter planet sekitarsetengahdari diameter bumi (6.790 km), diselimutilapisanatmosfer yang tipis, dengansuhuudararelatiflebihrendahdaripadasuhuudara di bumi.Planet Mars mempunyaiduasatelitalam, yakni Phobos dan Deimos.
PLANET LUAR

5) Jupiter
Jupitermerupakan planet terbesar di tatasurya, diameter sekitar 142.600 km, terdiriatasmateridengantingkatkerapatannyarendah, terutamahidrogendan helium. Jarak rata-ratanyakemataharisekitar 778 juta km, berotasipadasumbunyadengansangatcepatyaknisekitar 9 jam 50 menit, sedangkanperioderevolusinyasekitar 11,9 tahun. Planet Jupiter mempunyaisatelitalam yang jumlahnya paling banyakyaitusekitar 13 satelit, di antaranyaterdapatbeberapasatelit yang ukurannyabesaryaituGanimedes, Calisto, Galilea, Io dan Europa.

6) Saturnus
Saturnusmerupakan planet terbesarkeduasetelah Jupiter, diameternyasekitar 120.200 km, perioderotasinyasekitar 10 jam 14 menit, danrevolusinyasekitar 29,5 tahun. Planet inimempunyaitigacincin tipis yang arahnyaselalusejajardenganekuatornya, yaituCincinLuar (diameter 273.600 km), Cincin Tengah (diameter 152.000 km), danCincinDalam (diameter 160.000 km).AntaraCincinDalamdenganpermukaanSaturnusdipisahkanolehruangkosong yang berjaraksekitar 11.265 km. Planet Saturnusmempunyaiatmosfersangatrapatterdiriatashidrogen, helium, metana, danamoniak. Planet Saturnusmempunyaisatelitalamberjumlahsekitar 11 satelit, diantaranya Titan, Rhea, Thetys, danDione.

7) Uranus
Uranusmempunyai diameter 49.000 km hampirempat kali lipat diameter bumi. Perioderevolusinyasekitar 84 tahun, sedangkanrotasinyasekitar 10 jam 49 menit. Berbedadengan planet lainnya, sumburotasipada planet inisearahdenganarahdatangnyasinarmatahari, sehinggakutubnyaseringkalimenghadapkearahmatahari.Atmosfernyadipenuhihidrogen, helium danmetana. Di luarbatasatmosfer, Planet Uranus terdapatlimasatelitalam yang mengelilinginya, yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon. Jarak rata-rata kemataharisekitar 2.870 juta km. Planet ini pun merupakan planet raksasa yang sebagianbesarmassanyaberupa gas danbercincin, ketebalancincinnyahanyasekitar 1 meter terdiriataspartikel-partikel gas yang sangat tipis danredup.

8) Neptunus
Neptunusmerupakan planet superior dengan diameter 50.200 km, letaknya paling jauhdarimatahari.Jarak rata-rata kemataharisekitar 4.497 juta km. Perioderevolusinyasekitar 164,8tahun, sedangkanperioderotasinyasekitar 15 jam 48 menit. AtmosferNeptunusdipenuhiolehhidrogen, helium, metana, danamoniak yang lebihpadatdibandingkandengan Jupiter danSaturnus.Satelitalam yang beredarmengelilingiNeptunusadadua, yaitu Triton dan Nereid.Planet Neptunusmempunyaiduacincinutamadanduacincinredup di bagiandalam yang mempunyailebarsekitar 15 km.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar